Rabu, 24 November 2010

Sejarah Musik

Di negara ini "Indonesia Raya" buanyak banget aliran-aliran musik dan bermacam-macam warna ( kaya spidol ya...) dari mulai :

- Keroncong  Konon dalam masa lampau di Eropa, orang-orang memandang bangsa Indo itu sebagai bangsa yang rendah derajatnya dan yang hanya mewarisi tabiat-tabiat tidak baik dari orang tuanya. Pendapat ini ditentang oleh ahli (pakar) dan bukti menyatakan bahwa orang yang berdarah campuran pada umumnya ulung dalam berbagai ilmu, jadi termasuklah orang yang berderajat tinggi. Pandangan yang salah seperti diatas itulah yang mungkin mempengaruhi tabiat para ahli, sehingga mereka hanya timbul niat untuk menyelidiki apa yang dipandang asli sahaja, dan nyatalah bahwa musik keroncong kerana sejarahnya diketepikan oleh para ahli musikologi serta para ahli sejarah musik ( Tobing dalam Harmunah, 1987: 8 ).
Berbekalkan hanya alat musik ukulele yang dimulai dari musik soliter (dimainkan seorang diri), maka berabad –abad kemudian tumbuhlah menjadi musik keroncong yang kita kenali sekarang. anda bisa lihat di http://keroncongjowo.blogspot.com/2008/09/sejarah-keroncong_12.html
contoh musik keroncong yang ada di Indonesia :
Bengawan solo                                  Cipt: Gesang


- Dangdut  merupakan salah satu dari genre seni musik yang berkembang di Indonesia artis. Bentuk musik dangdut ini berakar dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer sekarang masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi).
Perubahan arus politik Indonesia di akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat pada dangdut indonesia pada indonesian artis dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. Sejak tahun 1970-an kumpulan artis dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, penyanyi dangdut dan artis dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music.
Penyebutan nama “dangdut” merupakan onomatope dari suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja) yang khas dan didominasi oleh bunyi dang dan ndut. Nama ini sebetulnya adalah sebutan sinis dalam sebuah artikel majalah awal 1970-an bagi bentuk musik melayu yang sangat populer di kalangan masyarakat kelas pekerja saat itu. Hingga saat ini juga sudah banyak managemen artis atau manajemen artis, sejarah dangdut di Indonesia. anda bisa lihat di http://kamissore.blogspot.com/2008/08/sejarah-dangdut.html
contoh musik dangdut :
- Begadang                                        Cipt: Bang H. Rhoma Irama
- Keong Racun                                  Cipt: Subur Tahroni alias Buy Akur
- Bisik-bisik tetangga                       Cipt: Hj. Elvi  Sukaesih

- Pop Musik pop atau musik populer pertama kali berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1920 di mana rekaman pertama kali dibuat berdasarkan penemuan Thomas Edison, dibedakan dengan Musik Klasik, Musik Jazz, Musik Tradisional, Musik Blues, kemudian juga berkembang ke negara-negara lain sedunia.
musik pop di indonesia di mulai dari group band koesplus, tanpa adanya group band tersebut musik pop di indonesia mungkin tidak akan pernah ada, koesplus di bentuk pada tahun 1969 dan ke exisannya masih bisa kita rasakan sampai saat ini.
salahsatu lagu karya koesplus :
- kolam susu

- Rock Embrio kelahiran scene musik rock di Indonesia sulit dilepaskan dari evolusi rocker-rocker pionir era 70-an sebagai pendahulunya. misalnya God Bless, Gang Pegangsaan, Gypsy(Jakarta), Giant Step, Super Kid (Bandung), Terncem (Solo), AKA/SAS (Surabaya) dan di luar negeri sana macam Deep Purple, Jefferson Airplane, Black Sabbath, Genesis, Led Zeppelin, Kansas hingga Rolling Stones.
Menjelang akhir era 80-an, di seluruh dunia waktu itu anak-anak muda sedang mengalami demam musik thrash metal. Sebuah perkembangan style musik metal yang lebih ekstrem lagi dibandingkan heavy metal. Band- band yang menjadi gods-nya antara lain Slayer, Metallica, Exodus, Megadeth, Kreator, Sodom, Anthrax hingga Sepultura.
Di Indonesiapun begitu mewabah seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Malang hingga Bali, scene undergroundnya pertama kali lahir dari genre musik ekstrem tersebut.
Pada tahun 1992 (Sepultura) dan 1993 (Metallica) konsernya dua supergroup metal internasional tersebut di Indonesia cukup memberi kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan band-band metal sejenis di Indonesia. lebih lengkap bisa di lihat di http://first-things-first.blogspot.com/2006/07/sejarah-musik-rock-indonesia.html
Contoh lagu Rock di era 70-an & era 80-an :
- Huma di atas bukit                         Cipt : Doni / Albar / Syumanjaya    
- Welcome home (sanitarium)          Cipt : Kirk / Ulrich / Hetfield    

- Klasik Musik era klasik dimulai dari tahun 1750 hingga tahun 1820. Era musik klasik terletak diantara era baroque dan era romantik. Banyak sekali composer-composer terhebat yang pernah ada di dunia musik hidup di era klasik. Sebut saja Joseph Haydn, Wolfgang Amadeus Mozart, dan Ludwig van Beethoven. Lalu masih ada Luigi Boccherini, Muzio Clementi, Carl Phillipp Emanuel Bach, Johann Ladislaus Dussek, dan Cristoph Willibald Gluck.
Pada masa transisi antara musik klasik dan romantic juga melahirkan banyak sekali composer kelas dunia. Nama-nama seperti Franz Schubert, Johann Nepomuk Hummel, Carl Maria von Webber, dan Luigi Cherubini. Bahkan Ludwig van Beethoven juga berkarir di era ini. Era musik klasik juga sering disebut sebagai era musik klasik Viennese atau wiener klassik dalam bahasa jerman. Hal tersebut terjadi karena banyak sekali composer yang berkarya di Vienna dan membentuk Viennese School. Para composer-composer yang bekerja di Vienna tersebut antara lain adalah Wolfgang Amadeus Mozart, Joseph Haydn, Ludwig van Beethoven, dan Franz Schubert.
Karakteristik musik dari era klasik adalah homophonic yang melodinya diatas iringan chord. Banyak sekali musik yang sangat indah dalam bentuk, proporsi, keseimbangan, moderasi, dan juga kontrolnya. Musik di era ini juga terkenal sangat indah dan elegan dengan ekspresi dan struktur musik yang dikerjakan dengan sangat sempurna.Hal terbaik dari musik klasik adalah mereka menjadi elemen dasar dari semua musik di era selanjutnya. Bahkan ada ungkapan bahwa musik klasik tidak akan pernah mati. Selengkapnya anda bisa lihat di http://id.wordpress.com/tag/sejarah-musik-klasik/

Begitu buanyaknya aliran-aliran musik yang bertebaran di negeri ini "Indonesia Raya" yang tak bisa di sebutkan satu persatu....
Untuk lebih jelas mengenai musik anda bisa berkunjung ke alamat-alamat  berikut :
read more..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar